Tak ada yang salah dari UU ITE

Warta – Nasional & Politik/WASPADA ONLINE – Tuesday, 29 December 2009 17:45

oleh Andi S Nugroho

JAKARTA Mahkamah Konstitusi menilai aturan-aturan yang terdapat di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik sudah benar. Aturan-aturan tersebut juga sama sekali tidak berbenturan dengan kebebasan masyarakat dalam menyatakan pendapat di depan umum.

“UU ITE aturannya sudah benar dan kita sudah mendiskusikannya lama. Mahkamah Konstitusi menyatakan sudah sesuai konstitusional. Hal itu merupakan putusan Mahkamah Konstitusi, dan bukan pernyataan Mahfud MD,” kata ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, sore ini.

Mahfud menambahkan, apabila ada pihak-pihak yang akan menggugat UU ITE, hal itu sama sekali tidak dilarang. Namun, penggugatan UU ITE sendiri tidak dilakukan di MK, tapi melalui badan legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

“Jika ada pihak-pihak yang merasa sedikit keberatan dengan isi dari UU ITE, silahkan membawa hal tersebut ke badan legislatif di DPR RI,” tambahnya.

Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen mendesak pemerintah agar segera melakukan revisi UU ITE. Hal ini dilakukan karena UU ITE dianggap dapat mengancam kebebesan berpendapat, baik bagi pers maupun masyarakat umum. Pasal yang dianggap bermasalah itu sendiri adalah pasal 27 ayat 3 dalam UU Nomor 11/2008.

Pasal itu mengancam hukuman penjara selama enam tahun bagi setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diakses Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Sementara ancaman maksimum untuk delik pencemaran nama baik pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana adalah satu tahun empat bulan.
(dat01/wol-jkt)

6 thoughts on “Tak ada yang salah dari UU ITE

  1. ya dikembalikanke hati nuranimu bro (halah, sok tau aku yo, hehehea)…
    uwis, tulisanmu nocel dll dikirimke ae di penerbit..piye usulku? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s