Memeluk Drupadi

APAKAH matamu itu perlu menangis, sayang? duri-duri itu menancap di punggungmu yang layu, menahan kesalmu.

kau kembali sibuk bekerja,
mencoba menipu dendammu.

Tapi, mengapa aku sudah tak tahan melihatmu, sayang.
apakah perlu daku membantu dengan air mataku,
biar rasamu itu mereda.

apakah perlu menghunus belati? kepada laki-laki yang setelah kutahu,

ia hanya bermodal penis, ketika menikahimu.
“Tidak saudaraku, yang aku cemaskan hanya satu,
anakku harus tetap tumbuh:

kelak ia akan menceritakan pada keturunannya,
bahwa ibunya seorang wanita terhebat yang pernah ada”
aku terdiam.

dari sudut matamu air surga itu mengalir
aku hanya tercekat. aku pun ikut menetes
tubuhmu kupeluk.

aku seperti memeluk Drupadi
memeluk kepasrahan dan kesetiaan yang tinggi
kau tak pernah mengucap keluh.
di telingaku, ia berucap lirih:

“Jagalah istrimu baik-baik, saudaraku” ujarnya.
makin erat aku memeluknya. air mataku menderas
kulihat anaknya nyaman dipelukan bantal mungilnya.
sementara malam terus memeluk sepi. memeluk duka di hati.

Leave a Reply

