Pastikan Anda Bebas dari Kanker

KITA tidak dapat menghindari penyakit kanker dengan pasti, tetapi kita hanya dapat mengurangi timbulnya penyakit kanker. Perlu diketahui, kanker timbul melalui perantara yang biasanya disebut melalui karsinogen. Karsinogen ini biasa terdapat pada rokok dan radiasi Ultraviolet sinar Matahari.

World Health Organization (WHO) mencatat 40 persen kasus kanker dapat dicegah. Maka dari itu, baiknya lebih cermat terhadap berbagai kemungkinan tanda-tanda kanker. Berikut tanda-tanda yang dilansir oleh Parkway Cancer Center dari Singapura:

Pertama, darah keluar secara berlebihan dari salah satu bagian tubuh. Bila ada darah dalam dahak, kemungkinan itu merupakan tanda-tanda terdapat kanker paru-paru. Bila terjadi pada urine (air kencing), yang mengarah pada kanker kandung kemih atau ginjal. Begitu pula pada vagina dan puting susu, bisa terindikasi kanker serviks (leher rahim) atau kanker payu dara.

Kedua, gumpalan atau penebalan dimana sebelumnya belum perna ada. Sejumlah kanker dapat dirasakan melalui kulit, seperti halnya pada kanker payu dara, biji kemaluan, dan getah bening.

Ketiga, luka yang tidak pernah sembuh. Ini tampak pada kanker kulit, yang biasa terjadi pada kanker mulut.

Keempat, perubahan yang terus-menerus pada urine atau feses. Sembelit atau diare yang kronis juga penyebab kanker kolon.

Kelima, batuk yang tidak berhenti dan serak. Batuk yang tidak pernah sembuh dapat juga mengindikasikan kanker paru-paru, dan indikasi serak tersebut bisa menjadi tanda kanker pangkal tenggorokan (tiroid).

Keenam, permasalahan dalam pencernaan. Ini bisa menjadi kanker kerongkongan, perut, atau tenggorokan.

Ketujuh, terjadi perubahan ukuran, warna dan bentuk lainnya pada tahi lalat. Ini tanda dari melanoma, salah satu jenis kanker kulit.

Kedelapan, berkurangnya pendengaran atau terganggunya salah satu telinga. Ini bisa menjadi tanda kanker otak atau kanker hidung, sehingga berimbas pada pendengaran

Bila sudah mengetahui tanda-tanda mencurigakan minimal seperti hal di atas, segeralah melakukan konsultasi ke dokter yang ahli. Sebab bila tidak mencari dokter yang tepat, bisa terjadi kesalahan fatal dalam diagnosa. Sebab, bisa sudah terdeteksi lebih cepat, proses penyembuhan pun lebih baik, sebelum kanker menyebar terlalu jauh dan membahayakan si penderita.

Keberhasilan penyembuhan kanker karena ketepatan dalam mendeteksi kanker sejak awal. Makanya, kita harus rajin mengecek kesehatan ke dokter ahli, minimal satu bulan sekali. Begitu pula melakukan cek kesehatan dengan metode penyinaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s