Asyiknya Bergaya Rambut Poni

WANITA selalu gelisah dengan masalah rambut. Tak sedikit remaja-remaja putri atau wanita dewasa yang suka bergonta-ganti model rambut. Syahrini, penyanyi lagu “Sesuatu” ini, misalnya, selalu bergonta-ganti model rambut, mulai dari “Jambul Khatulistiwa”, sampai kini ia menamai model barunya dengan “rambut barbie”

Tapi kita tidak ingin membicarakan Syahrini. Kali ini, gaya rambut satu ini memang sempat menjadi tren di Indonesia sekitar delapan tahun lalu. Ya, model rambut poni, sempat dipopulerkan oleh artis Nirina Zubir.

Beberapa waktu lalu, tren potongan poni ini juga digandrungi oleh selebritas Amerika Serikat, seperti Katy Perry, Kate Moss, Jessica Alba, Cameron Diaz, dan Keira Knightley.

Muncul di tahun 2008, Katy Perry masih dengan gaya rambutnya yang hitam pekat.  Penyanyi lagu I Kissed a Girl ini, tak hanya kostum dan aksi panggungnya yang “wild” dan glamor, ia juga merupakan orang yang terbilang rajin bereksperimen soal penampilan rambut. Katy, tulis http://www.slodive.com, sudah mengganti gaya rambutnya sebanyak 30 kali. Tapi dari beberapa modelnya, Katy selalu menyelipkan potongan poni.

Katy pernah memangkas rambut depannya menjadi gaya bob, tapi berponi pendek di bagian depan. Saat tur di California, ia juga tampil dengan rambut panjang keriting dan berponi lurus.

Perempuan kelahiran California, 25 Oktober 1984 itu adalah penyuka gaya poni klasik: poni pendek yang terlihat penuh dan tebal. “Poni klasik cocok buat pemilik rambut bergelombang,” tulis situs gaya hidup, http://www.fashion-terbaru.net, awal Oktober lalu.

“Dengan gaya ini wajah akan terlihat lebih cerah. Bagi anda yang menyukai gaya ini, anda bisa memakai rol rambut untuk membuat poni anda lebih berisi. Jika ingin bentuknya bisa lebih lama bertahan, penambahan sedikit foam bisa dilakukan,” demikian ulasan mereka atas gaya rambut Katy.

Hanya berjarak beberapa minggu sejak penampilan rambut keriting papannya yang heboh di Grammy Awards awal tahun ini, Katy tampil dengan poni rambut ekstrem yang sangat kaku dengan warna biru muda yang menyala di kepalanya.

Wanita yang memangkas rambutnya berponi mungkin karena alasan tertentu, biasanya soal tren. Tapi, ada juga yang beralasan karena ingin menutup dahinya yang begitu lebar, seperti yang dilakukan Jessica Biel, kekasih dari Justin Timberlake. Gara-gara rambut poni itu pula, katanya Justin sempat ngambek karena Jessica terlihat kekanak-kanakan.

Di sisi lain, poni juga tak sedikit membuat wajah terlihat ayu dan manis dan terlihat agak lebih muda. Memang harus juga mempertimbangkan bentuk wajah, sebab poni yang terlalu panjang tidak menarik diterapkan untuk wajah yang bulat. Sebaliknya, jika anda memiliki wajah yang panjang dengan dahi lebar, tidak pas jika poni yang anda pakai adalah poni yang terlalu pendek.

Poni juga dipakai tergantung dari jenis rambut anda. Poni samping, misalnya, bisa memberi efek rambut lebih tebal dan berisi, cocok bagi pemiliki rambut tipis.

Ada beberapa jenis poni, misalnya model poni bentuk wajah oval. Gaya ini menutupi setengah dahi. “Beruntung wanita yang memiliki wajah oval, karena gaya apapun yang digunakan akan tetap sempurna,” tulis www.gayarambut.com

Kemudian, poni bentuk wajah panjang. Model samping yang menyapu ke arah samping di sekitar kening cocok untuk pemilik wajah panjang. Ini memberi kesan, wajah tidak akan terlihat terlalu panjang.

Ada pula, model poni bentuk wajah segi lima, yang sedikit aksen gelombang. Gaya ini juga akan membuat wajah terkesan lebih panjang dari yang sebenarnya. Kemudian ada poni bentuk wajah persegi, yang lebih dikenal dengan poni samping.

Tapi, juga perlu hati-hati dengan rambut poni. Laporan Dailytelegraph, pertengahan tahun ini, Dokter mata Andrew Hogan memperingatkan, gaya rambut poni dapat menimbulkan efek pada mata.

”Jika remaja memotong poninya dan menutupi satu mata setiap saat, maka mata tidak akan bisa melihat hal detail secara jelas. Jika itu terjadi di usia muda, maka berisiko menjadi ambliopia,” kata Andrew Hogan seperti dikutip http://www.huffingtongpost.com.

Ambliopia atau lebih dikenal sebagai ‘mata malas’ adalah suatu kondisi di mana mata tidak bisa melihat lebih jelas dengan satu mata, sehingga pandangan tergantung pada mata lainnya. Dan terkadang rambut gaya poni, sering menghalangi orang melihat. Nah, bagaimana dengan Anda?

#dimuat di Jurnal Nasional, Kamis (1/11/2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s