Tampil Gondrong yang Digandrungi

BRAD Pitt tampil berbeda pada Mei lalu. Berpakaian kemeja putih dengan dasi terurai, ia tampil atraktif sebagai model sampul majalah laki-laki Amerika Serikat, GQ. Yang menjadi beda, Pitt kini berambut gondrong, setelah di tahun sebelumnya lebih memilih bergaya rambut pendek.

Dalam ajang Piala Oscar 2012, ia pun tampil elegan dengan tuksedo, menyusuri karpet merah bersama kekasihnya, Angelina Jolie. Pemeran Achilles dalam Film Troy (2004) itu menjadi perbincangan karena tampilan rambut barunya itu.

Sebuah majalah fesyen, Styalisheve.com, mengulas tampilan baru mantan suami Jenifer Aniston itu. Pitt disebut sebagai aktor seksi dengan tampilan baru: glamor, elegan dan bergaya. Rambut Pitt menjadi alasan yang paling penting yang membuat. “Lihatlah gambar-gambar seksi Brad Pitt dan dapatkan inspirasi dari mereka,” tulis majalah itu.

Sebuah kebetulan atau tidak karena gayanya itu, Pitt pun digandeng sebagai bintang iklan parfum terkenal Chanel No.5, Oktober ini. Pitt mengenakan pakaian kasual dan berambut panjang dalam video arahan sutradara Atonement, Joe Wright.

Pria kelahiran Oklahoma, 18 Desember 1963 itu menjadi pria pertama yang membintangi parfum yang diluncurkan perancang Coco Chanel pada tahun 1921. Sebelumnya, parfum itu dibintangi oleh sejumlah aktris, seperti Audrey Tatou, Nicole Kidman, dan Catherine Deneuve. Majalah US Weekly sampai berkomentar, “Iklan itu ‘sensual’,” katanya.

Tak hanya dia yang berpenampilan gondrong, tahun ini, Shia Saide LaBeouf juga tampil agak “berantakan”. Rambutnya panjan sebahu dan ia memelihara brewok. Ini berbeda sekali dengan tampilannya dalam Transformers: kasual dengan rambut pendek klimis dan wajah bersih dari bulu.

Media sempat menangkap penampilan barunya, saat menghadiri  pemutaran perdana Lawless di ArcLight Cinemas, Hollywood, California, pada Rabu (22/8/2012). Ia memiliki alasan mengapa harus menumbuhkan jenggotnya itu, “Saya sedang mempersiapkan untuk film berikutnya dengan Werner Herzog, di mana saya memainkan sebagai pertapa. Itulah alasan untuk rambut panjang dan jenggot. Aku bahkan membangun sendiri gudang di pegunungan,” katanya dalam wawancara dengan Majalah L’Uomo Vogue, September lalu.

LaBeouf dikenal sejagad lewat aksinya sebagai Sam Witwicky dalam dalam Transformers seri 1-3. Sebelum memasuki dunia layar lebar, laki-laki kelahiran  Los Angeles, 11 Juni 1986, membintangi berbagai film televisi seperti The Even Stevens Movie, Tru Confessions, dan Hounded.

Satu lagi, aktor Hollywood yang sebetulnya suka berambut gondrong yaitu Ashton Kutcher. Sejak bercerai dengan aktris kawakan Demi Moore, ia tampak sering berambut panjang dan berjenggot lebat. Ia mengatakan, “Sebenarnya aku cukup suka tampil seperti gelandangan.”

Tapi, akhirnya pemeran Reed Bennet dalam Valentine’s Day itu, sekarang memangkas rambut karena alasan peran sebagai Walden Schmidt dalam Two And A Half Men. “Kami ingin menampilkan cerita tentang seorang pria yang harus berubah demi seseorang. Walden sempat menolak dan berkata, ‘Kau tidak bisa mengubahku, inilah aku sebenarnya.’ Tapi akhirnya dia menyerah, memotong rambutnya dan berubah,” kata laki-laki kelahiran Iowa, 7 Februari 1974 itu.

Apakah laki-laki lebih macho berambut pendek atau gondrong? Michael Douglas, penata gaya rambut dari Head & Shoulder, mengatakan, rambut panjang adalah soal gaya. “Jika Anda bekerja di sebuah T-shirt dan jeans, rambut gondrong memang bisa diterima,” katanya, seperti dikutip dari Microsoft Network Him (MSN Him) pada Maret lalu.

Ia pun menilai tampilan Pitt dalam karpet merah itu. “Brad Pitt tidak sesuai dengan rambut panjang. Ia tidak tampak hebat karena ia berada dalam setelan jas,” katanya.

Masalah kepantasan laki-laki berambut panjang, kata Douglas, bukan perkara bentuk wajah. “Tidak perlu untuk mempertimbangkan bentuk wajah. Selama kepala terlihat seperti itu cocok pada tubuh maka Anda tidak benar-benar perlu mempertimbangkan bentuk wajah dengan rambut panjang pada pria,” katanya.

Douglas menyarankan bagi laki-laki yang ingin berambut panjang, sebaiknya memilih salah satu: berambut panjang atau memelihara jenggot. “Jika Anda akan memiliki rambut panjang tidak repot-repot memiliki rambut wajah juga. Anda akhirnya tampak benar-benar berantakan. Saran terbaik saya akan memilih satu atau yang lain..”

“Hindari penggunaan produk seperti gel, mousse dan hair spray jika Anda seorang pria dengan rambut panjang.” Yang terpenting, katanya, adalah menjaga agar rambut tetap bersih dan segar.lebih lama, sekaligus menjaga kulit kepala dari ketombe.

Sarah Hecks, editor kecantikan dan fesyen MSN Her, sedikit berbeda pendapat dengan Douglas. Ia tak terlalu tertarik dengan laki-laki gondrong. Bahkan, pada akhir 1960-an, katanya, seseorang laki-laki berrambut gondrong dilarang berkunjung ke Disneyland karena dianggap tidak memenuhi standar ”tidak tertulis’ dress code Disneyland. “Karena mereka hanya membuat Anda terlihat goofy (bodoh, red) . ”

Apakah Anda ingin tampil gondrong seperti mereka?

#dimuat di Jurnal Nasional, Rabu (31/10/2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s