Shania Twain: Kembalinya Sang Ratu Country Pop

Shania Twain-5

DIA turun ke panggung dengan sepeda motor melayang di udara. Memakai bodysuit hitam berkilau dan sepatu boot tinggi, tubuhnya terlihat begitu ramping dan ketat. Meski berumur 47 tahun, ia masih terlihat energik.

Gemuruh dari penjuru Colosseum at Caesars Palaces, Las Vegas, Amerika Serikat, sebelum ia menyanyikan lagu pertama. Colosseum itu menampung sekitar 4.300 orang. “Terima kasih, terima kasih banyak, kalian membuatku terharu…” kata Shania Twain seraya mengusap matanya, Sabtu (1/12) lalu.

“Ini adalah malam yang sangat luar biasa…Sudah bertahun-tahun bagi saya sejak saya berada di sini. Saya menyadari apa yang saya rindukan, terima kasih untukmu,” kata wanita berjuluk The Queen of Country Pop.

Ia kembali dalam konser Shania: Still The One, di mana seluruh tiket terjual habis. Sejak absen selama delapan tahun, ia menggebrak dengan lagu-lagu andalannya. seperti “You’re Still the One”, “I Ain’t No Quitter”, “That Don’t Impress Me Much”, dan “Man! I Feel Like a Woman!”, “From This Moment”, dan lainnya.

Rencananya di Las Vegas, ia konser hingga 15 Desember dan akan tampil di 14 pertunjukan mulai Maret 2013. Tiket konser 2013 mulai dijual mulai 14 Desember ini dengan kisaran US$55-US$250.

Dalam sewindu terakhir, ia mengalami masa “kematian”-nya. Ia bercerai dengan Robert John “Mutt” Lange pada 2008. Jalinan asmara selama 15 tahun kandas karena Mutt bermain hati dengan teman Shania, Marie-Anne Thiebaud. Mutt-Shania dikaruniai satu orang anak, Eja D’Angelo pada 2001. “Itu seperti kematian orang tua saya ( pada 1987). Sebuah kerugian besar dalam hidup saya. Saya tahu itu bukan kematian fisik, tetapi itu adalah kematian banyak hal,” katanya.

“Saya benar-benar tidak bisa menyanyi. Dan seolah-olah bagian hidup saya juga telah mati.” Tapi, ia mulai tampil di serial TV: Why Not? Pada 3 Mei 2011, ia melansir autobiografinya: “From This Moment On“.

Shania menjelaskan bahwa perceraiannya dengan Mutt membuat dirinya mengalami perubahan mendadak. “Saya hilang, benar-benar hilang…Saya harus belajar bagaimana menjalani seluruh hidup saya berbeda tanpa dia. Aku harus mulai dari awal lagi,” katanya.

Dua tahun menjanda, akhirnya Shania dipersunting pengusaha asal Swiss, Frederic Thiebaud, tak lain adalah bekas suami Marie-Anne. Mereka menikah di Rincon, Puerto Rico awal 2011. “Frederic telah menjadi hadiah sejati saya,” kata wanita yang dinobatkan sebagai Vegetarian Terseksi 2001 oleh PETA – sebuah LSM peduli hewan di Virginia.

shaniaSuatu kali kepada Richard Ouzounian, kritikus teater, ia menuturkan kisah itu bahwa, “Masih ada cinta setelah cinta. Masih ada kehidupan setelah kehidupan. Aku tahu itu sekarang.”

Ia sempat terganggu pita suaranya pada 2010 lantaran semua otot di aera kerongkongan begitu tegang. Ia menjalani terapi. “Semua itu berakar dari semua rasa takut yang saya alami – takut saat di atas panggung, kekerasan dalam rumah tangga waktu saya masih kecil, meninggalnya orang tua saya, tidak tahu apa yang harus saya lakukan – semua ini adalah rasa takut yang sempat saya alami sepanjang hidup saya,” ujarnya.

Selama berkarir, wanita bernama kecil Eilleen Regina Edwards, ini telah merilis empat album dan satu album terbaik. Pada album debutnya “Shania Twain” (1993), lagunya ditanggapi positif, meski di pasaran tidak begitu menjanjikan.

Berkenalan dengan Mutt, ia lalu merilis album “Then Women in Me and Breakthrough” pada 1995. Lagu single-nya, “Any Man of Mine” menjadi hits. Sampai 2007, albumnya itu terjual lebih dari 12 juta kopi.

Pada 1997, ia kembali dengan album “Come On Over” dan membawanya ke tangga kesuksesan. Dalam album ini beberapa lagunya menjadi hits, seperti “You’re Still the One”, “Don’t Be Stupid”, “You’ve Got A Way”, “Man! I Feel Like a Woman!”, That Don’t Impress Me Much”, dan “From This Moment On”.

Album ini terjual sekitar 40 juta kopi di seluruh dunia. Ia akhirnya ditahbiskan sebagai penyanyi wanita dengan penjualan album terbesar sepanjang sejarah. Albumnya memecahkan rekor penjualan album country tertinggi dalam sejarah.

Pada 2002, ia kembali merilis album “Up!“dalam tiga jenis: country, pop/rock, dan intenasional/dance. Dalam sepekan, album terjual 874.000 dan lebih dari 20 juta kopi seluruh dunia. Ia berada di puncak tangga lagu selama lima pekan.

Shania lalu mengeluarkan album terbaik (Greatest Hits) dengan tiga lagu baru pada 2004. Sampai 2008, album tersebut terjual lebih dari 4 juta kopi di Amerika Serikat. Ia menyatakan kembali untuk bermusik dan merilis single baru pada 2008 dengan judul, “Today Is Your Day”. Lagu tersebut secara resmi dirilis untuk iTunes dan radio country pada 12 Juni 2011.

Sepanjang karirnya, ia mendapatkan lima Grammy Awards dan 27 BMI Songwriter Awards. Tiga albumnya mendapatkan predikat Diamond oleh Recording Industry Association of America (RIAA) dan menjadikannya artis wanita pertama dalam sejarah.

Nielsen SoundScan menempatkannya sebagai 10 artis top dengan penjualan album terbaik. Dan Billboard memosisikan dirinya di rangking 72 dalam “Artist of the Decade” (2000-2010). Dia mengabadikan namanya melalui Hollywood Walk of Fame pada 2 Juni 2011.

Sebagai penyanyi country, Shania mendobrak pakem fesyen country. Ia selama ini terkenal dengan memakai tank top warna-warni dan bercelana palazzo. Ia juga dinilai sebagai wanita tercantik dengan wajah yang sempurna.

Pada 2009, para ilmuwan menilai wajah Shania memiliki ukuran geometris yang sempurna. Dan studi yang dilakukan oleh Universitas Toronto dan Universitas California dilansir dalam Journal Vision Research.

Menjelang akhir konsernya, dia mengundang beberapa fans ke atas panggung untuk bergabung dan bernyanyi. Dia juga menyuguhkan atraksi di luar dugaan, ketika menyanyi “You’re Still the One”, bersama kuda putih di atas panggung. Ia terlihat anggun dengan long dress putih, dengan lengan terbuka. Begitulah, “Sang Ratu” telah bangkit dari mimpi buruk, “kematiannya”.

Disarikan dari: The New York Times/BBC/WENN/Shaniainvegas.com/The Star/People/Las Vegas Weekly/Kapan Lagi.

Leave a Reply

