Miss Universe 2012: Kado Olivia Untuk Amerika Serikat

OLIVIA Culpo (20) mengatupkan kedua telapak tangan ke wajahnya; menahan rasa haru, ketika Leila Lopes, Miss Universe 2011 asal Angola, memasang mahkota. Para juri mengukuhkannya sebagai Miss Universe 2012.

Olivia menyingkirkan 88 kontestan dari berbagai negara, Rabu (19/12) di Planet Hollywood Casino, Las Vegas Strip, Amerika Serikat. Ini adalah kemenangan pertama bagi perwakilan Amerika Serikat dalam ajang kecantikan milik Donald Trump itu, semenjak Brook Lee menang pada 1997. Culpo mendapat berbagai hadiah termasuk kontrak model dengan agensi model ternama di AS, perhiasan bertatah berlian serta mutiara, sebuah apartemen di New York dan gaji yang tidak disebutkan besarannya serta bea siswa sekolah film di New York.

Mahasiswa Universitas Boston tahun kedua ini dinilai bagus sejak awal kompetisi; mulai dari baju renang, gaun malam, sampai sesi wawancara. Ia sempat ditanya oleh juri, apakah pernah memiliki pengalaman yang membuatnya menyesal. Ia menjawab, Setiap pengalaman tidak peduli apa itu, baik atau buruk, Anda akan belajar dari itu. Itulah hidup,” katanya.

Di urutan kedua dimenangkan oleh Miss Filipina Janine Tugonon, sedangkan Miss Venezuela Irene Sofia Esser Quintero berada diperingkat ketiga. Indonesia mengirim Putri Indonesia Maria Selena. Sayang, Maria gagal lolos ke babak 16 besar. Tetapi Maria termasuk dalam 10 besar kategori kostum nasional terbaik dengan kostum bertema Garuda berwarna dominan merah dan putih. Prestasi terbaik Indonesia dalam kontes ini adalah pada 2005 ketika Putri Indonesia Artika Sari Devi berhasil masuk 15 besar.

Setelah pertunjukan, Culpo tampil mengenakan mahkota emas putih di atas rambut panjang cokelat. Di depan wartawan, apa yang diraihnya ini sebagai kabar baik di tengah kejadian penembakan oleh Adam Lanza, yang mematikan sejumlah siswa sekolah dasar Sandy Hook, Newtown, Connecticut.

“Ini adalah suatu kehormatan untuk mewakili Amerika Serikat dalam kontes kecantikan internasional terlepas dari semua tragedi yang terjadi di negeri ini akhir-akhir ini,” katanya. “Saya sangat berharap bahwa ini ini akan meningkatkan semangat semua orang.”

Culpo lahir pada 8 Mei 1992 di Amerika Serikat. Sebelum ini ia memenangkan Miss USA 2012 pada Juni lalu, yang mewakili negara bagian Rhode Island. Ia juga mendapatkan makhota Miss Rhode Island USA 2012 pada September 2011.

Dia dibesarkan di Cranston, Rhode Island dari pasangan musisi profesional Susan (nee Curran) dan Peter Culpo; jago memainkan cello dan sempat bermain bersama musisi klasik Yo-Yo Ma. Culpo adan nomor tiga dari lima bersaudara. Ayahnya memanggilnya dengan “nerdiest”. Ketika masih muda, Culpo termasuk anak yang gemuk.

Ia lulus tingkat SMA dari St. Mary Academy-Bay View pada 2010 dengan predikat pujian yang tinggi. Ia juga menjadi anggota National Honor Society. Sebagai anak musisi, Culpo jago bermain cello. Ia pernah bermain di Boston Symphony Hall, Carnegie Hall, dan Inggris. Meski begitu, di masa depan, ia berharap dapat memiliki karir di dunia film atau televisi.

Meski memiliki tubuh ramping, Culpo ternyata suka mengemil. Dia penyuka kacang-kacangan.  “Saya suka almond tawar,” katanya yang suka membaca buku. Culpo menyebut dirinya sebagai wanita “pendek dan gemuk” yang tumbuh dewasa. Makanya, ia memilih untuk diet dari makanan yang tinggi proteinnya dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat rendah.

“Saya suka kentang, memasaknya dalam oven, mengelupas kulitnya lalu ditumbuk,” katanya. Selain kentang, ia menyukai pisang, yogurt dan sayuran yang dikukus. “Saya pikir itu lebih mudah untuk mencerna mereka ketika mereka dikukus, daripada mentah,” katanya.

Baginya, pisang memberikan ketenangan tersendiri sebelum naik ke panggung. “Tidak ada yang menenangkan saraf saya seperti itu. Tidak tahu apakah (yang membuat) itu kalium, tapi saya membutuhkannya sebelum saya di atas panggung, karena (pisang) selalu menenangkan saya, “katanya.

Kontes kecantikan ini digelar di Las Vegas, setelah pada 2011 di Sao Paulo. Acara ini disiarkan langsung di stasiun NBC dan disiarkan secara streaming ke lebih dari 100 negara. Pembawa acara yang terpilih tahun ini adalah Andy Cohen dari Bravo Network dan Giuliana Rancic dari jaringan televisi berita hiburan E!News.

Semua kontestan menghabiskan dua pekan terakhir di Sin City, tempat mereka berpose di Hardhats, sebuah hotel penuh inovasi; belajar melukis, dan dijahilin oleh para tamu hotel yang bersembunyi di kamar mereka.

Para juri tahun ini terdiri atas 10 orang dari berbagai latar belakang, seperti  penyanyi Cee Lo Green, bintang ‘Iron Chef’ Masaharu Morimoto dan fotografer Nigel Barker, mantan juri America’s Next Top Model. Sumber: Dailymail/BBC/CBSNews/becomegorgeous.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s