Manusia-manusia Tertua Abad Ini

“Aku mau hidup seribu tahun lagi”

(Chairil Anwar)

SIAPA yang tak mau berumur panjang? Hampir tiap orang berdoa seperti itu ketika hari ulang tahun atau tiap awal tahun baru. Dan Tuhan, memang memberikan beberapa kelebihan umur kepada orang-orang tertentu saja.

Dan, mereka inilah yang mejadi pilihan Tuhan, dengan hidup lebih dari satu abad. Guinness World Records (GWR) mencatat sedikitnya 63 orang kini masih hidup dengan umur antara 113-115 tahun. Tiga urutan teratas diduduki oleh orang asal Jepang, yaitu Jiroemon Kimura (115), Misawo Okawa (114), dan Hatsue Ono (114). Lalu Maria Redaelli-Granoli  (113) warga Italia, Elsie Thompson (113), orang Amerika Serikat, yang hanya terpaut dua hari dengan Maria, dan masih banyak lainnya. Jumlah itu belum ditambah dengan puluhan nama yang berusia di atas 100 tahun, yang menunggu verifikasi.

Rekor umur tertua di dunia, menurut GWR, masih dipegang oleh Jeanne Calment (1875-1997) asal Perancis yang meninggal di usia 122 tahun, 144 hari. Houston Chronicle News Services menulis bahwa  Calment lahir setahun sebelum Alexander Graham Bell mematenkan telepon dan 14 tahun sebelum Alexandre Gustave Eiffel membangun menara di kota Paris.

Ia memiliki 11 anak, 120 cucu, dan 250 buyut. Selama hidupnya, ia ternyata seorang perokok sejak usia 21  sampai 117 tahun. Dia merokok tidak lebih dari dua batang rokok per hari. Tentang umurnya yang begitu panjang, ia sering berkelakar, “Tuhan pasti telah melupakan aku.”

Sebagai orang Perancis, ia meyakini tradisi setempat tentang umur panjang, yaitu makan cokelat sekitar dua kilogram per minggu, mencampur makanan dan mengolesi kulit dengan minyak zaitun, mengurangi minum anggur port dan naik sepeda. Itu masih dilakukannya sampai usia 100 tahun.

Pada 2012, GWR sempat menobatkan Dina Manfredini, perempuan keturunan Italia asal Iowa Amerika Serikat, berusia 115 tahun sebagai orang tertua di dunia. Tapi selang dua pekan kemudian, tepatnya, 18 Desember 2012, Dina meninggal dunia.

Kejadian ini serupa pada 2007, Emma Mercado del Torro saat itu dinobatkan sebagai orang tertua di dunia, tapi empat hari kemudian ia meninggal.

Sejak kematian Emma, kini predikat orang tertua disandang oleh Jiroemon Kimura. Ia kelahiran 19 April 1897 dengan umur 115 tahun, 270 hari. Ia menjadi orang yang masih hidup dan terakhir diverifikasi, sebagai manusia yang lahir sebelum 1900. Pada 28 Desember 2012, usianya melampui Christian Mortensen (1882-1998) asal Amerika Serikat, yang menjadi orang tertua dunia sebelumnya, dengan usia 115 tahun 252 hari.

Kini mantan tukang pos itu masih aktif dan memiliki kesadaran yang bagus. Ia bangun pagi lalu membaca koran dengan kaca pembesar dan masih menikmati acara debat parlemen di televisi. Menurutnya, kunci hidupnya adalah makan dengan porsi kecil. Ia tinggal di Kyotango dengan 14 cucu, 25 buyut, dan 13 canggah.

Sebetulnya, Kimura memiliki “pesaing” wanita asal China, Luo Meizhen, yang mengklaim berumur 127 tahun pada September 2012, seperti laporan Xinhua. Ia tinggal di Guangxi, Kabupaten Bama, daerah yang terkenal dengan orang-orang yang berumur panjang. Di KTP-nya, Luo lahir pada 1885, tapi ia tidak  memiliki akta kelahiran untuk membuktikan itu. Tapi jika hal itu benar, Luo akan menjadi orang tertua sepanjang masa yang sampai kini masih hidup.

Sebetulnya, ada lagi orang tertua selain mereka. Yaitu Hasano, wanita asal Afghanistan. Ia dikabarkan memiliki umur 136 tahun, meski belum diakui oleh GWR. Tapi, ia lebih dulu meninggal pada Jumat (11/1) lalu di Provinsi Nangarhar.

“Dia adalah orang yang mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk pendidikan agama dan orang-orang mengenalnya, sebagai orang mengajak untuk beribadah,” ujar Shahidullah Shahid, cucunya.

Menurut Shahid, Hasano pernah dimintai keterangan oleh UNESCO, tapi sampai sekarang data tersebut tidak ada kabarnya. Hasano memiliki anak tujuh perempuan, dua diantaranya telah meninggal. Bila klaim keluarganya itu benar, Hasano, bisa jadi adalah manusia tertua di dunia sepanjang zaman yang meninggal, setelah Calment pada 1997.

Sehari kemudian, Koto Okubo, wanita asal Jepang (1897-2013), juga meninggal dengan usia 115 tahun di rumahnya, Kawasaki. Ia menjadi orang kedua tertua di Jepang setelah Kimura. Ia menjadi wanita tertua di Jepang dan bahkan Asia setelah kematian Chiyono Hasegawa pada 2011. Seperti halnya Clament, hidup tua Koto lebih banyak di panti jompo.

Sebelumnya, pada 2011, Besse Cooper, wanita asal Georgia, AS dinobatkan sebagai wanita tertua. Jika

belum meninggal, barangkali Cooper menjadi orang tertua dunia saat ini dibandingkan Kimura. Tapi, pada 4 Desember 2012,  Tuhan telah menjemputnya saat umur 116 tahun, 100 hari. Ia meninggal karena sakit di perutnya. Sebelum meninggal, ia masih menata rambutnya yang sudah beruban seluruhnya juga menonton video natal.  Tetapi ia tiba-tiba kesulitan bernapas. “Dengan rambutnya tetap seperti itu, tampaknya ia telah siap untuk pergi,” ujar Sidnye Cooper, anaknya.

Robert Young dari konsultan GWR mengatakan bahwa Cooper di usia 111 tahun masih memiliki kesadaran jiwa yang bagus. “Di usia itu ia masih sangat baik, dia bisa membaca buku,” katanya. Saat ditanya tentang rahasia hidupnya, Cooper mengatakan bahwa, “Saya tidak makan junk food.”

Ia lahir di Sullivan County, Tennessee pada 26 Agustus 1896. Ia ditinggal suaminya, Luther Cooper, meninggal pada 1963, setelah menikah selama 39 tahun. Dan setelah itu ia tak menikah lagi. Cooper mengatakan kepada anaknya bahwa umur terbaiknya saat di usia 80 tahun. Sidney selalu ingat bagaimana ibunya memakai topi jerami bekerja di taman bunga, menggaruk gulma dan pergi mencangkul. Ia juga tak pernah mengeluh sakit. Ia meninggalkan empat anak, 11 cucu, dan 13 cicit.

Saat ini, selan Kimora, pria tertua yang masih hidup lainnya adalah James Sisnett (1900) asal Barbados, dengan umur 112 tahun, James McCourbrey (1901) asal AS, umur 111 tahun, 123 hari, Makaru Nakanishi (1901) asal Jepang, umur 111 tahun, 30 hari, dan Arturo Licata (1902) asal Italia, umur 110 tahun, 257 hari.

Setelah kematian Hasano, Dina, Cooper, kini hanyalah Kimura dan Luo yang menjadi manusia tertua. Apakah Anda ingin hidup seperti mereka? Barangkali, ada baiknya Anda mengikuti petuah dari Negeri Ginseng ini, “Makanlah bubur jika ingin panjang umur”, maksudnya makanlah makanan yang lembut dan hangat di pagi hari untuk melancarkan saluran pencernaan Anda. Reuters/The Lahore Times/Dailymail/CNN/The Voice Of Rusia/USAToday/Wikipedia

One thought on “Manusia-manusia Tertua Abad Ini

  1. Di Indonesia pun banyak yang berumur panjang, tapi tak diketahui dunia, satu diantaranya adalah ibu amina abas, warga negara indonesia yang tinggal di kecamatan tilamuta kabupaten boalemo, provinsi gorontalo, beliau punya KTP sebagai buktinya, dan banyak bukti yang bisa mendukung itu bisa didapatkan, tapi sayang beliau sudah meninggal pada sabtu 7 april 2013 di rumahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s