Takeru Sato: Menjelma Sebagai Hitokiri Battosai

KISAH fiksi pendekar samurai Himura Kenshin akhirnya dilayar lebarkan melalui film berjudul Rurouni Kenshin, di Indonesia populer dengan nama Samurai X. Film besutan sutradara Keishi Otomo tersebut dirilis pada Agustus 2012 dan didistribusikan oleh Warner Bros.

Tokyohive.com menulis bahwa dalam sepekan diputar ia berhasil menggeser The Avengers yang menduduki posisi nomor satu di Box Office Jepang. Dalam pekan pertama, berhasil menarik sebanyak 295.319 penonton dan meraih pendapatan sebesar sekitar US$ 5,1 juta.

Kenshin adalah tokoh fiksi dalam komik manga karya Nobuhiro Watsuki. Ia adalah seorang pembunuh legendaris dengan nama Hitokiri Battosai yang hidup di awal Restorasi Meiji di Jepang. Ia memiliki kecepatan dan gerak refleks serta ilmu pedang Hiten Mitsurugi, yang hampir tak tertandingi. Tapi akhirnya dia bernazar tidak akan membunuh lagi dengan pedangnya. Ia lalu mengembara dengan pedang Sakabato, yang memiliki mata pedang terbalik; sisi tajamnya berada di sisi lengkung bagian dalam samurai.

Dengan pedang tersebut, ia sering dicemooh, bagaimana mungkin bisa melindungi orang lain tanpa membunuh, apalagi  dengan pedang terbalik. Tapi, Kenshin memiliki prinsip kuat bahwa pedang bukan untuk membunuh, tapi ia ingin melindungi orang-orang yang di sekitarnya.

“Saat seseorang membunuh, lahirlah kebencian. Biarkan saja orang-orang membunuh dirinya sendiri , sampai idealisme itu terpatahkan. Itulah tujuan dari pedangku,” begitulah idealisme Kenshin.

Tokoh Kenshin diperankan oleh Takeru Sato. Ia lebih dikenal sebagai bintang serial televisi, tercatat 13 serial sudah dilakoninya. Pria kelahiran Iwatsuki, 21 Maret 1989 merupakan lulusan North High Scholl (setara SMA) di Koshigaya, Saitama Perfecture pada Maret 2007. Ia sudah bermain film sejak 2006 di bawah manajemen artis Amuse Inc.

Ia mengawali debut pada 2006 dalam serial televisi “Princess Princess D”. Lalu, pada 2007-2008 ia bermain di serial televisi “Kamen Rider Den-O”, saat itu pula film layar lebar “Kamen Rider Den-O: I’m Born!” diproduksi dan Sato berperan sebagai Ryotaro Nogami. Pada 2011, ia membintangi serial “Fuyu no Sakura” di televisi TBS.

Untuk dunia layar lebar, Sato sudah membintangi sebanyak delapan film. Tiga diantaranya adalah sekuel Kamen Rider Den-O. Dan terakhir pada 2012, ia berperan dalam Rurouni Kenshin (2012) sebagai Himura Kenshin atau Hitokiri Battosai.

Sato ternyata juga memiliki karir di dunia J-Pop atau musik pop Jepang, sayangnya tidak begitu aktif. Ia sempat mengeluarkan beberapa single, diantaranya “Pre-go~ZERO~”, “Double-Action”, “Perfect-Action~Double-Action Complete Collection”, “Real-Action” pada 2007 dan “Double-Action Wing form” pada 2008.

Komik Samurai X muncul pertama di Shueisha’s Weekly Shonen Jump pada 11 April 1994. Komik tersebut selain dibuat animasinya mulai 1996, juga dibuat dalam sebuah video game. Termasuk Media Viz dari Amerika Serikat juga merilis dalam sebuah komik berbahasa Inggris dengan judul “Wandering Samurai.” Selain itu, sebuah serial televisi berlisensi di Amerika Utara juga merilis beerbentuk kepingan DVD. Pada 2012 di Jepang, komiknya telah terjual lebih dari 55 juta kopi.

Beberapa kalangan yang memuji film tersebut. Seperti Deborah Young yang mengatakan bahwa, “Koreografinya cepat, sengit, dan permainan pedangnya menunjukkan keahlian luar biasa dari Battosai.”

Selain itu media ABS-CBNNews menilai bahwa film tersebut digarap dengan detil yang memiliki kemiripan dengan kisah di komiknya. “Ini merupakan tantangan besar bagi setiap pembuat film agar membuat sesuai dengan karakter dan alur cerita seperti seri komiknya dalam waktu dua atau tiga jam. Untungnya, Otomo mampu melakukan hal itu dengan baik di film Rurouni Kenshin live Action,” tulis Karen Flores dalam ulasannya. Sementara, Anime News Network menilai film itu sebagai sajian yang menyenangkan untuk akhir musim panas tahun lalu.

Sang pemilik komik, Nobuhiro Watsuki juga memuji film tersebut. Ia berkomentar bahwa Takeru Sato bermain dengan karakter ganda yang bagus. “Dia benar-benar Kenshin,” ujarnya.

Film ini juga dirilis dalam bentuk kepingan DVD sejak 26 Desember 2012 dan telah mendapatkan lisensi untuk didistribusikan ke lebih dari 60 negara di Eropa, Amerika Latin dan Asia. Di sisi lain, film ini juga diputar di Amerika Utara pada 14 Desember 2012 untuk LA EigaFest 2012.

Sayangnya, film itu kemungkinan besar tidak diputar di Indonesia, sebab meski sudah dirilis sejak Agustus 2012, hingga kini belum juga diputar di bioskop-bioskop dalam negeri.

sumber: Hollywoodreporter.com/Wikipedia/ABC-CBNNews/Tokyohive.com

12 thoughts on “Takeru Sato: Menjelma Sebagai Hitokiri Battosai

  1. filmnya keren bgt..karakter tokohnya pas bgt kyk d komic. aku ajh sampek nnton berulang kali..

    keren!!! (Y)

  2. Filmnya keren banget. Nggak nyangka Si Nogami Ryotaro yang terlihat lugu di Film Kamen Rider Den-O bisa memerankan karakter himura kenshin dengan sempurna. Benar-benar memiliki bakat akting yang luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s