Lampard-Eto’o: Berbagi Kisah Lewat Buku

TAK hanya jago bermain bola, para pemain bola ini juga menulis buku untuk anak-anak. Gelandang Chelsea, Frank Lampard, misalnya, sudah meneken kontrak dengan penerbit Little Brown untuk proyek sebuah buku, Selasa lalu.

Lampard, yang kontraknya dengan The Blues akan berakhir pada akhir musim ini, setuju untuk menulis lima buku berjudul “Frankie’s Magic Football”, untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas.

Cerita-cerita yang dikisahkan adalah pengalaman seorang anak sekolah, Frankie, dan teman-temannya yang gemar sepakbola serta anjing peliharaannya Max.

Lampard mengatakan kisah itu berdasarkan pada teman dan rekan satu timnya. Pemain berusia 34 tahun itu akan menerbitkan buku pertamanya, Frankie Versus The Pirate Pillagers, Juni mendatang, dan dua buku lainnya akan terbit tahun ini serta dua buku lain pada 2014.

“Saya pertama dapat ide ini ketika membacakan sebuah cerita kepada anak saya,” katanya. Ia menambahkan, “Olahraga dan membaca adalah dua hal yang penting bagi kami di rumah, jadi saya memutuskan untuk menulis cerita dan pengalaman sepakbola saya sendiri.”

Lampard memiliki dua anak perempuan berusia lima dan delapan tahun dengan mantan tunangannya, model Spanyol Elen Rivas. Ia kini bertunangan dengan penyiar televisi Christine Bleakley.

Dalam kontrak tersebut, Lampard dibantu oleh Neil Blair dan Zoe Raja, yang juga membantu JK Rowling, penulis novel “Harry Potter”. Mereka mengatakan buku itu memberikan inspirasi karena “penuh karakter cinta dan petualangan” dan bisa memberikan contoh untuk meraih cita-cita besar.

Sebagai wakil kapten Chelsea FC, Lampard mendapat penghasilan sebesar Rp2,2 miliar per minggu. Ia memulai karirnya pada 1994 di West Ham United, klub tempat ayahnya Frank Lampard Sr bernaung dulu.

Dia membela tim nasional Inggris lebih dari 90 kali dengan mencetak gol sebanyak 27 kali. Satu gol yang dikenang pecinta bola adalah saat melawan Jerman di Piala Dunia 2010, sayangnya bola dianulir oleh wasit, padahal bola sudah melewat garis gawang. Sejak itulah, FIFA mulai mengenalkan teknologi untuk memantau gol.

Lampard bukan pemain sepak bola pertama yang menulis fiksi – bintang Arsenal Theo Walcott juga sebelumnya menulis serangkaian buku anak-anak dan mantan manajer Inggris Terry Venables juga menulis novel kriminal.

Berbeda¬†dengan mereka, Samuel Eto’o juga membuat buku, tapi dalam bentuk komik. Komik “Eto’o Fils” tersebut berisi tak jauh dari kisah dirinya dalam menapaki karir di dunia sepakbola. Mulai kisah kecilnya – seperti menjual ikan – sampai menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di dunia.

“Saya ingin berbagi pengalaman dengan generasi muda. Seorang Samuel Eto’o tidaklah selalu seorang milyarder, karena banyak orang seperti dirinya,” kata mantan penyerang Barcelona dan Inter Milan tersebut.

“Di balik semua itu ada banyak usaha keras dan kerja keras yang ingin saya bagikan..,” kata pemain asal Kamerun, yang kini bermain di klub Rusia, Anzhi Makhachkala.

Buku komiknya akan ditulis dalam sembilan serial berbahasa Perancis. Buku tersebut sudah dirilis pada akhir Januari lalu.

Pemain kelahiran 10 Maret 1981 tersebut memiliki prestasi yang luar biasa. Pada 2005, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik nomor 3 oleh FIFA di bawah Ronaldinho dan Frank Lampard. Sebelumnya, sejak 2003-2005, ia juga dinobatkan sebagaik pemain terbaik Afrika.

Ia adalah pemain yang mencetak 16 gol dan menjadi gol terbanyak sepanjang sejarah sejak Piala Afrika pertama kali digelar. Selain itu, Eto’o adalah pemain asal Afrika dengan penampilan paling banyak di pentas sepakbola La Liga, Spanyol. BBC/Metro.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s