Jennifer Lawrence: Luar biasa!

LUAR biasa! Itulah satu ungkapan untuk menggambarkan kehebatan aktris Hollywood Jennifer Lawrence (22). Dalam waktu satu bulan, ia menggondol penghargaan sebagai aktris terbaik dalam ajang Golden Globe Awards dan Academy Awards (Piala Oscar) 2013.

Menariknya lagi, di dua ajang itu pula, gaun yang dipakai Lawrence dinobatkan sebagai gaun terbaik. Lengkap sudah kebahagiaan Jennifer tahun ini.

Lawrence dinilai bermain apik dalam Silver Linnings Playbook (2012), sebuah film drama komedi yang disutradarai David O. Russell. Ia menyingkirkan unggulan lain, seperti Jessica Chastain (Zero Dark Thirty) dan Emmanuelle Riva (Amour), Quvenzhané Wallis (Beasts of the Southern Wild), dan Naomi Watts (The Impossible)

Di film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Matthew Quick, ia bermain dengan aktor Bradley Cooper, Robert De niro, dan Chris Tucker.

Sejumlah kritikus film memuji dirinya. Peter Travers, kritikus film dari Majalah Rolling Stone mengatakan bahwa Lawrence adalah sebuah keajaiban. “Dia kasar, kotor, lucu, cerewet, ceroboh, seksi, di sejumlah scene. Tak lengkap dalam daftar pesaing Aktris Terbaik dalam Piala Oscar tanpa Lawrence,” tulis Peter. Sementara Majalah Time menulis bahwa Lawrence sebagai aktris muda yang langka. Ia dinilai matang dalam peran apa pun.

Hampir semua orang di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, AS bergemuruh, Minggu (24/2) malam. Mereka berdiri melakukan penghormatan (standing ovation). Jennifer yang memakai gaun putih panjang langsung memeluk Bradley Cooper.

Sebelum mencapai podium, ia sempat terjatuh karena terpeleset di tangga. “Terimakasih…saya barusan jatuh dan itu sungguh memalukan,” katanya sambil memeluk piala. “Ini gila…,” katanya. Ia mengucapkan terimakasih kepada seluru kru produksi dan pemain film. Kejadian terpeleset juga terjadi saat ajang Golden Globe; gaunnya tersangkut kursi sampai melorot.

Sebelum ke acara itu, Lawrence mengaku tidak makan karena tidak punya waktu lagi untuk seluruh persiapan gaun dan lainnya. Ia mengungkapkan bahwa hari itu sangat menegangkan. “Aku panik karena lapar,” ujarnya saat berjalan di karpet merah, dengan gaun yang begitu panjang dan lebar, sampai menyembunyikan kedua kakinya.

Jennifer Lawrence Shrader adalah gadis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia lahir di Louisville, Kentucky pada 15 Agustus 1990 dan memiliki sebuah peternakan kuda. Namanya mulai moncer ke seluruh dunia, ketika membintangi The Hunger Games (2012), sebuah adaptasi dari trilogi novel karya Suzanne Collins, dan X-Men: First Class (2011).

Sampai 2012, ia sudah membintangi sebanyak 13 film. Tahun lalu adalah tahun tersibuk Jennifer, selain The Hunger Games dan The Silver Lining Playbook, ia bermain dalam Devil You Know dan House at the End of the Street. Tahun 2013, filmnya adalah The Falling dan sekuel kedua, The Hunger Games: Catching Fire.

Dalam karirnya, ia beberapa kali menjadi unggulan aktris terbaik di sejumlah penghargaan. Pada Piala Oscar 2010, ia masuk unggulan aktris terbaik  lewat Winter’s Bone. Ia menjadi salah satu aktris termuda dalam sejarah Piala Oscar, yang masuk kategori unggulan aktris terbaik.

Saat umur 14 tahun, bisa dibilang adalah awal mimpi dari Lawrence. Saat itu ia bersama keluaga berlibur ke New York City. Seseorang memintanya audisi dan ternyata hal itu memaksa dia harus menetap di New York pada musim panas. Ia kemudian menjalani syuting bintang iklan MTV. Sejak itulah, keluarga pindah ke Los Angeles dan ia memulai beberapa peran serial televisi.

Meski tak pernah sekolah peran, tapi Lawrence memiliki bakat bermain film. Pada 2007, ia memulai karir perannya di komedi televisi The Bill Engval Show (TBS TV). Ia mulai masuk peran kecil dalam film di tahun 2008 dalam Garden Party.

Sebelum bermain film, Lawrence adalah atlet remaja, pemandu sorak, pemain hoki dan softball. Ia memang pernah bemain di beberapa teater tapi tak pernah bermimpi jadi aktris. Ia lulus dari sekolah menengah atas lebih awal dua tahun dengan IPK 3,9, ini bagian dari kesepakatan orangtuanya agar Lawrence mengejar karirnya di film.

Ia kini menjadi selebritas top dunia. Menanggapi karirnya yang melejit dalam kurun enam tahun terakhir, ia memandang bahwa hal seperti itu dapat dicapai dengan persiapan berbagai cara. “Tapi aku jadi khawatir karena film. Poster wajahku di mana-mana dan ketika aku melihatnya, aku pikir itu bisa membuat orang lain jengkel,” ujarnya.

Dailymail/CNN/Biography.com/Telegraph/Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s