Xi Jinping: Penggemar NBA dan Film Hollywood

XI JINPING (60) berdiri kemudian memberikan hormat dengan membungkuk ketika parlemen China menetapkan dirinya sebagai presiden terpilih. Ia kemudian menyalami Hu Jintao, yang berada di sampingnya. Xi resmi menjadi pengganti Hu untuk lima tahun ke depan.

Buah memang jatuh tak pernah jauh dari pohonnya, begitulah dunia politik Xi. Dunia politik telah mendarah daging di tubuhnya. Sekjen Partai Komunis kelahiran di Beijing 15 Juni 1953 itu adalah putra salah satu tokoh revolusioner generasi pertama kepemimpinan China, Xi Zhongxun. 

Ia lahir dari golongan “pangeran” keluarga elit partai – di mata rakyat sebetulnya partai kurang dihargai. Xi lahir dalam kekayaan, tetapi saat masa remaja keluarganya dibuang ke pedesaan setelah ayahnya bertengkar dengan Mao Zedong, Presiden Republik Rakyat China pertama

Ayahnya adalah anggota Komisi Sentral Partai Komunis pada kongres 1956. Tiga tahun kemudian, ayahnya diangkat sebagai wakil perdana menteri mendampingi Zhou Enlai.

Masa-masa itu, Xi benar-benar menikmati sebagai anak pejabat. Tapi kehidupannya berubah total 180 derajat ketika ayahnya dicopot pada 1962 dan dijebloskan ke penjara di tengah Revolusi Kebudayaan pada 1968.

Makanya, selama tujuh tahun ia hidup di desa Liangjiahe, Provinsi Shaanxi, barat laut China. Di situlah hidupnya menderita, tapi Xi banyak meninggalkan kesan baik di masyarakat. Saat itu, Xi dinilai sebagai orang yang tulus dan jujur, sehingga orang menyukainya. Banyak yang menaruh harapan kepadanya agar pemerintah membantu pedesaan tersebut.

Ia lalu kuliah di jurusan Teknik Kimia, Universitas Tsinghua, Beijing. Kampus ini juga yang menelurkan pemimpin seperti, Hu Jintao. Ia juga sarjana humaniora di jurusan Teori dan Ideologi Marxis dan Pendidikan Politik, serta doktor di bidang hukum.

Sembilan kali ia mencoba masuk ke partai, tapi ditolak lantaran faktor ayahnya. Karir politiknya di Partai Komunis dimulai pada 1974, sebagai sekretaris partai di Provinsi Hebei. Karirnya ditempa dari jabatan bawah di partai sampai akhirnya pada November 2012, ia didapuk sebagai sekretaris jenderal.

Xi dipandang sebagai pro-bisnis, setelah upayanya menarik investor asing ke Fujian dan Zhejiang. Saat pidato pertamanya sebagai Sekjen Partai Komunis, ia menginginkan agar ada reformasi kebijakan dan China lebih membuka diri. Menurutnya, peningkatan kehidupan masyarakat merupakan salah satu prioritas utama.

“Orang-orang kami mencintai kehidupan dan merindukan pendidikan yang lebih baik, pekerjaan yang stabil, pendapatan lebih memuaskan, jaminan sosial yang lebih besar, medis dan perawatan kesehatan membaik, kondisi hidup yang lebih nyaman dan lingkungan yang lebih baik,” katanya.

“Kami ingin anak-anak kita tumbuh dengan baik dan memiliki pekerjaan yang lebih baik. Memenuhi keinginan rakyat untuk kehidupan yang lebih baik adalah yang kita perjuangkan.”

Dia mengingatkan kepada partai tentang masalah-masalah besar seperti korupsi, menerima suap, tidak pro-rakyat, birokrasi yang ribet dan menekan. Memerangi korupsi adalah fokus kerjanya.

Pengamat politik ada yang menilai bahwa Xi bakal banyak diam. Tapi, ada juga yang berpandangan bahwa gaya politik Xi bakal lebih menyegarkan citra partai, yang selalu penuh dengan jargon-jargon partai.

Media juga melihat bagaimana gaya orasinya saat terpilih sebagai sekjen partai saat itu. Ia tampak santai dan banyak tersenyum. Sikap itu dinilai sebagai perubahan nyata dari gaya pemimpin masa lalu.

Xi menikah dengan penyanyi opera terkenal Peng Liyuan. Liyuan menilai suaminya adalah orang yang hemat, pekerja keras dan merakyat. “Di mata saya, dia hanya suami saya,” katanya.

Sedikit yang tahu, ternyata Xi adalah penggemar National Basketball Association (NBA) dan film-film Hollywood. Ia memiliki anak perempuan yang kini kuliah di Universitas Harvard yaitu Mingze Xi. Kabarnya, namanya disamarkan dari publik, seperti halnya kebanyakan anak dari pemimpin Komunis China.

Saat masih muda, ia pernah tinggal di Iowa, Amerika Serikat dan belajar teknik modern di sebuah peternakan kecil babi. Ia juga menyempatkan ke Iowa, dalam kunjungan ke AS untuk menaikan citra internasional China pada 2011. Ia menginginkan saat itu agar hubungan keduanya terjalin dengan baik guna mengurangi kesalahpahaman.

BBC/VOANews/News Track India/Chinese-Leaders.org/Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s