Kicauan Pak Beye: “Presiden juga Manusia…”

LEWAT tengah malam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah aktif dengan kicauannya di akun twitter barunya, @SBYudhoyono, Selasa (16/4) dini hari.

Di sela-sela kunjungannya ke PT Kujang Karawang, Karawan, Jawa Barat, SBY masih merelakan waktu untuk berbagi kepada rakyatnya di media sosial. Sebanyak tujuh kicauannya menyinggung soal industri pupuk Indonesia.

“Permasalahan ketersediaan & harga gas bagi industri pupuk, harus bisa diatasi. Pertamina & PT Pupuk carikan solusinya,” tulis SBY.

Ia meminta distribusi pupuk harus dijaga agar sampai ke petani tepat waktu dan tepat jumlah, serta tanpa penyimpangan. “Untuk memastikan penyaluran dan penggunaan pupuk dengan benar, saya berharap masyarakat ikut mengawasinya,” tulisnya.

SBY meluncurkan akunnya tersebut pada Sabtu (13/4). Setelah pada Maret lalu, ia mengajukan proses verifikasi akunnya kepada Twitter. “Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*,” begitu kicau (tweet) pertama SBY.

Sejak pertama kali diluncurkan, jumlah follower-nya langsung membludak, meski presiden sama sekali belum berkicau. Hingga Selasa pagi pukul 10.00 sudah sebanyak 879.021 akun follower. Selang tujuh jam atau 420 menit kemudian pada hari yang sama, sekitar pukul 17.00, jumlahnya bertambah menjadi 941.367 akun follower.

Bila diasumsikan sejak pertama diluncurkan hingga Selasa sore pada pukul 17.00, pertambahan akun follower sedikitnya 230.000-an akun per hari.

Yudhoyono sejauh ini sudah berkicau sebanyak 44 kali dan mem-follow akun lain sebanyak 31 akun, diantaranya sederet akun artis muda Indonesia. Misalnya, Gading Marten (@gadiiing), Julie Estelle (@Julstelle), Masayu Anastasia (@masayuanastasia), Titi Sjuman (@TitiRajoBintang), Memes (@memes605), Addie MS (@addiems).

Termasuk penulis Asma Nadia (@asmanadia) dan Hely Tiana Rosa (@helvy) dan pendiri Komunitas Tangan Di Atas, Badroni Yuzirman (@roniyuzirman), serta CEO dan pendiri Musikkamu.com, Nukman Lutfhie (@nukman).

Kicauan terakhir SBY yaitu tentang ulang tahun Kopassus yang ke-61. “Selamat Ulang Tahun Kopassus. Jaga profesionalisme. Teruslah menjadi Satuan Elit Kebanggaan Bangsa. *SBY*,” tulisnya.

Ia mengunggah sejumlah foto, seperti saat difoto oleh cucunya, Aira dan membeli batik di Cipanas. Yudhyono juga menyemangati para pelajar SMA seluruh Indonesia yang akan mengikuti Ujian Nasional 2013.

“Menyemangati siswa/i se-Indonesia untuk melaksanakan Ujian Nasional, disiarkan di radio malam ini & besok,” tulisnya.

“Info keterlambatan UN di 11 Propinsi, saya telah instruksikan Mendikbud untuk segera atasi dan investigasi. *SBY*,” kicaunya.

Sejumlah kalangan menilai positif Yudhoyono membuat akun twitter. Tapi tak sedikit pula yang mengritik gagasan tersebut. Yudhoyono juga tak menolak jika memang ada kicauan yang mengritiknya.

Staf khusus presiden bidang komunikasi politik Daniel Sparringa mengatakan bahwa presiden akan menerima kritik tajam dari para follower.

“Presiden menerima semua konsekuensi itu, termasuk yang terburuk dari semuanya. Yaitu ia harus melayani ocehan dan celotehan, dari yang lucu hingga sinisme yang ekstrem,” ujar Daniel beberapa waktu lalu.

Yudhoyono memutuskan untuk membuat akun karena dari 20 kepala negara anggota G-20, hanya empat orang yang belum memiliki akun twitter, salah satunya adalah dirinya. Dengan begitu, ia mengikuti jejak Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang membuat akun twitter @BarackObama sejak 2007 dan kini sudah memiliki 29.960.973 akun follower hingga kemarin.

Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro mengatakan tak ada salahnya Yudhoyono membuat akun twitter. “Dari perspektif media sosial, itu positif,” katanya saat berbincang dengan Jurnal Nasional. Akan tetapi, katanya, karena ini “tahun politik” jelang Pemilu 2014, gerak-gerak Yudhoyono pasti akan dimaknai sebagai politik.

“Karena munculnya pada 2013 dimaknai seperti itu, seandainya tidak (tahun ini) kan enggak dikait-kaitkan,” ujarnya.

“Sebab Pak SBY tak terlepas dari Partai Demokrat. Jadi, saya pikir ini lebih untuk membumikan Demokrat di jejaring sosial,” katanya.

Siti memandang akunt twitter tersebut lebih untuk menyapa dan membangun komunikasi kepada masyarakat, termasuk mendongkrat Demokrat di mata publik.

Menurutnya, media alternatif seperti twitter barangkali akan lebih memiliki dampak positif bagi SBY dan Demokrat. Sebab, katanya, media konvesional baik elektronik maupun cetak hampir selalu menghujani kritik kepada Yudhoyono.

Barangkali karena seringnya menerima kritikan tak jelas, SBY pun sempat berkicau tentang fitnah dan buruk sangka. “Memfitnah & buruk sangka hanya bikin hati panas & terbakar, bersabar & baik sangka bikin hati teduh & bahagia. *SBY*

“Jika terlalu melihat kekurangan orang lain, jangan-jangan kita tidak melihat kekurangan sendiri. Mungkin lebih banyak. *SBY*.”

Di sisi lain, para pengguna twitter juga menyambut baik hal itu. “Adanya twitter yang dibuat SBY bisa menjadi hal yang positif bagi masyarakat pengguna jejaring sosial. Bisa menambah kedekatan dengan pemimpin nomor satu,” kata pemilik akun @GumilarRM_uNik.

Gumilar mengharapkan presiden bisa membagi informasi program-program pemerintah, sehingga bisa diketahui dan dirasakan langsung oleh masyarakat. “Presiden juga diharapkan bisa mendengar kritik dan saran,” kata warga Depok, Jawa Barat tersebut. “Bukan hanya sebagai ajang pencitraan dirinya maupun partai politiknya.”

Seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta juga menilai baik akun twitter presiden. “Enggak ada masalah. Justru bagus, masyarakat bisa mengajukan keluhan lewat situ. Lebih baik lagi, kalau Pak SBY sendiri yang mengelola akunnya,” kata Andiny Nur Ciptaningtyas (@AndiinNurC), warga asal Purworejo, Jawa Tengah.

Sementara, Hafid Dadin Ridwan (@hafid_dadin), seorang warga asal Singaraja, Bali, menilai apa yang dilakukan SBY dengan membuat akun twitter adalah hak presiden. “Presiden juga manusia,” kata Hafid. “Yang penting digunakan dengan fungsi dan kegunaannya yang wajar. Juga tidak mengesampingkan urusan negara,” ujar alumnus Universitas Negeri Malang itu.

#pernyataan Daniel Sparringa diambil dari Widyasari, teman satu kantor di Jurnal Nasional, link beritanya: http://www.jurnas.com/news/88833/Malam_Ini_Presiden_SBY_Luncurkan_%3Cem%3ETwitter%3C_em%3E_Pribadi/1/Nasional/Politik-Keamanan

#saat ini sampai pukul 19.44, Rabu, 17 April 2013, follower SBY sudah mencapai 1.113.565. dan jumlah tersebut terus bertambah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s